Visi dan Misi Prodi Teknik Metalurgi ITB

Sarjana | Magister

Program Sarjana

Sesuai dengan visi ITB yaitu menjadi lembaga pendidikan tinggi dan pusat pengembangan sains, teknologi, dan seni yang unggul, handal dan bermartabat di dunia, yang bersama dengan lembaga terkemuka bangsa menghantarkan masyarakat Indonesia menjadi bangsa yang bersatu, berdaulat dan sejahtera, serta misi ITB untuk memandu perkembangan dan perubahan yang dilakukan oleh masyarakat, dengan menjalankan tridarma berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan cara yang inovatif dan bermutu tinggi, serta tanggap terhadap perubahan global dan tantangan lokal, Program Studi Teknik Metalurgi FTTM ITB menyusun visi dan misinya sbb:

VISI

“Menjadi institusi pendidikan tinggi metalurgi yang unggul dan bermartabat di tingkat internasional untuk turut serta meningkatkan kesejahteraan bangsa.”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang metalurgi dengan mutu terbaik ditingkat nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan lulusan dalam bidang metalurgi yang mampu mengolah, memanfaatkan dan mengelola sumber daya mineral secara bijaksana, efektif dan efisien dengan memperhatikan keseimbangan lingkungan dan pengembangan berkelanjutan serta mampu berkompetisi ditingkat nasional dan internasional.
  3. Mengembangkan pemikiran-pemikiran tentang pengolahan dan pemanfaatan sumber daya mineral, logam dan paduan-paduannya untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat Indonesia, serta tanggap terhadap setiap tuntutan perubahan yang berkembang di masyarakat dan industri.

Konsekuensi dari visi dan misi tersebut adalah bahwa kekuatan utama dari pelaksanaan program pendidikan di Program Studi Teknik Metalurgi FTTM ITB haruslah bertumpu dari kekuatan pendidikan dan penelitian yang tercermin dari kontribusi institusi ini melalui pelaksanaan pendidikan dan penelitian yang menghasilkan pengembangan ilmu dan teknologi untuk turut memajukan dunia pengolahan mineral, ekstraksi logam dan rekayasa paduan logam baik nasional maupun internasional yang pada gilirannya dapat dirasakan manfaatnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, untuk mewujudkan visi tersebut, aktivitas penelitian yang bekualitas harus menjadi program utama dalam mendukung aktivitas pendidikan, melalui kegiatan tugas akhir untuk mahasiswa S1, penelitian thesis untuk mahasiswa S2 dan disertasi untuk mahasiswa S3.