Pertemuan Awal Semester Prodi Teknik Metalurgi ITB : Mempererat tali silaturahmi antara Staf Akademik dengan Mahasiswa

BANDUNG, metallurgy.itb.ac.id – Program Studi Teknik Metalurgi ITB mengadakan pertemuan awal semester antara mahasiswa dengan civitas academica pada Jumat (26/08/16), bertempat di Ruang 9012 Labtek VII, ITB. Pertemuan yang dihadiri oleh staf pengajar dan mahasiswa Teknik Metalurgi tersebut diadakan di tempat yang berbeda dari sebelumnya, yaitu Ruang Seminar Tambang, karena jumlah mahasiswa Teknik Metalurgi yang meningkat tiap tahunnya sehingga membutuhkan ruangan yang lebih besar.

Dosen yang turut hadir dalam acara ini adalah Dr.-Ing. Zulfiadi Zulhan, ST., MT., dan Dr-Eng. Akhmad A. Korda, ST. MT. Dalam sambutannya, Dr-Eng. Akhmad A. Korda, ST. MT selaku Kepala Program Studi Teknik Metalurgi ITB menyampaikan bahwa acara pertemuan seperti ini telah diadakan dari tahun ke tahun dan sudah menjadi tradisi Prodi Teknik Metalurgi. Beliau juga mengatakan bahwa tujuan dari acara tersebut adalah untuk menjalin komunikasi yang baik antara mahasiswa,khususnya mahasiswa baru angkatan 2015, dengan dosen Prodi Teknik Metalurgi.

IMG_0282

Sesi dilanjutkan dengan sharing akademik yang diawali presentasi oleh Dr-Eng. Akhmad A. Korda, ST. MT, mengenai mata kuliah, distribusi nilai hasil akademik semester sebelumnya, data mahasiswa angkatan 2013 yang sudah melakukan kerja praktek, penjelasan akreditasi JABEE, dan aturan baru terkait Keamanan, Kesehatan, Keselamatan Lingkungan/K3L (safety protector) di lingkungan Prodi Teknik Metalurgi ITB. Pada sesi tersebut, diadakan tanya jawab seputar bidang akademik maupun bidang lainnya antara dosen dengan mahasiswa. Tujuan dari kegiatan tanya jawab tersebut adalah agar dapat membantu memudahkan mahasiswa dalam menghadapi kegiatan perkuliahan nantinya.

Hal yang ingin ditekankan pada pertemuan kali ini adalah terkait akreditasi JABEE dan aturan K3L. Oleh karena adanya akreditasi JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education), prodi Teknik Metalurgi ITB terus meningkatkan performanya agar mencapai profil mahasiswa yang diinginkan yaitu “A trustworthy and competent professional metallurgist”.

IMG_0279

Dari segi aturan K3L, Prodi Teknik Metalurgi akan meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan prodi, baik di ruangan kantor maupun laboratorium, seperti membuat prosedur kerja, rambu peringatan, dan lain-lain. Bapak Dr.-Ing. Zulfiadi Zulhan, ST., MT adalah koordinator bidang K3L ini. Acara pertemuan awal prodi ini ditutup dengan menyantap hidangan makanan yang telah disediakan di luar ruangan.

Berita Terkait