Pertemuan Awal Semester 1 2017/2018 Prodi Teknik Metalurgi ITB

LEMBANG, metallurgy.itb.ac.id – Pertemuan awal semester dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Metalurgi ITB dalam rangka mengenalkan program studi kepada mahasiswa pada Sabtu, 16 September 2017. Bertempat di Avina, Lembang acara dimulai pada pukul 09.22 WIB. Dalam acara ini mahasiswa teknik metalurgi yang hadir dari berbagai angkatan berinteraksi secara langsung dengan civitas akademika teknik metalurgi.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Dr. Eng. Akhmad Ardian Korda, ST. MT. sebagai Kepala Program Studi Teknik Metalurgi ITB. Pada kesempatan ini dipaparkan mengenai rekap nilai mahasiswa Teknik Metalurgi ITB Semester 2 2016/2017. Selanjutnya juga dipaparkan mengenai berbagai kegiatan yang telah diikuti oleh mahasiswa teknik metalurgi seperti lomba, student exchange, kuliah kerja, dan kerja praktik.

Pada 3 Maret 2017, Program Studi Teknik Metalurgi ITB resmi mendapatkan akreditasi internasional dari Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE) setelah dilakukannya evaluasi penilaian pada 28 November – 1 Desember 2016. Akreditasi ini merupakan akreditasi internasional yang didapat oleh Program Studi Teknik Metalurgi ITB di samping akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dengan diraihnya akreditasi JABEE, maka mahasiswa Teknik Metalurgi ITB diwajibkan untuk memenuhi Learning Outcomes (LO) pada setiap mata kuliah Program Studi Teknik Metalurgi. “A trustworthy and competent professional metallurgist” adalah tujuan dari adanya Learning Outcomes. Diharapkan mahasiswa yang telah lulus dari Teknik Metalurgi ITB akan menjadi seorang ahli metalurgi yang berintegritas dan kompeten pada bidangnya.

Sesi selanjutnya yaitu kesempatan untuk bertanya bagi mahasiswa ke program studi. Pada sesi ini beberapa mahasiswa bertanya antara lain mengenai pendanaan untuk lomba, kerja praktik dan student exchange, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), serta pertanyaan seputar tugas akhir yang meliputi persyaratan administratif dan mekanisme penilaian yang dilakukan pada saat sidang sarjana.

Sesi akhir diisi dengan penjelasan mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Gedung dan Laboratorium sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat beraktivitas pada gedung dan laboratorium milik Program Studi Teknik Metalurgi. Acara berakhir pada pukul 11.35 WIB dan ditutup dengan menyantap hidangan yang tersedia.

Berita Terkait