Pengabdian Masyarakat : Survei dan Pembinaan untuk Peningkatan Kualitas Produk Pengrajin Besi

BANDUNG, metallurgy.itb.ac.id – Staf dosen Teknik Metalurgi ITB melakukan kegiatan pemaparan hasil survei dan pembinaan untuk peningkatan kualitas produk di sentra industri pengrajin produk besi yang bertempat di daerah Bareng, Desa Hadipolo, Jekulo, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah pada hari Jum’at, 14 Oktober 2016. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian Masyarakat ITB hasil kerja sama Teknik Metalurgi ITB, LPPM ITB, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus, serta Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Kudus.

Program pengabdian pada masyarakat ini merupakan kelanjutan dari program serupa yang sudah dilakukan sebelumnya di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sentra pengrajin besi Bareng merupakan salah satu sentra usaha kecil yang cukup terkenal di Kabupaten Kudus.

img

Kegiatan pengabdian masyarakat dimulai dengan kunjungan ke beberapa sentra industri kecil yang memproduksi pisau tempa pada bulan Mei 2016 lalu. Selama kegiatan kunjungan, pengamatan proses produksi dilakukan untuk mengetahui serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk membuat pisau produk tempa. Beberapa sampel produk berupa pisau dan arit kemudian diuji dan dianalisa di Laboratorium Teknik Metalurgi ITB. Hasil pengujian dan rekomendasi selanjutnya dipresentasikan kepada para pengrajin besi.

IMG_0629

Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membantu para pengrajin besi untuk menghasilkan produk yang konsisten dimana pekerja industri kecil ini umumnya tidak/kurang menguasai ilmu metalurgi dan lebih mengedepankan pengalaman dalam membuat produk. Melalui program ini juga diharapkan kualitas produk-produk industri kecil ini dapat meningkat dan konsisten serta dapat bersaing dengan produk-produk impor.

Berita Terkait