Kunjungan Industri Teknik Metalurgi 2015 : Saat dimana Mahasiswa Lebih Mengenal Keilmuannya

Ekskursi 1

BANDUNG, metallurgy.itb.ac.id – Mahasiswa Teknik Metalurgi angkatan 2013 telah melaksanakan Kunjungan Industri 2015 ke tujuh perusahaan. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda kegiatan perkuliahan di Program Studi Teknik Metalurgi untuk memperkenalkan mahasiswa kepada dunia industri metalurgi. Adapun ketujuh perusahaan tersebut adalah PT Aneka Tambang – UBPE Pongkor; PT Krakatau Steel; PT Krakatau Wajatama; PT KHI Pipe Industries; PT Pelat Timah Nusantara (Latinusa); PT Krakatau Posco; dan PT Indoferro. Kegiatan yang disponsori oleh PT Nusa Halmahera Mineral ini dilaksanakan dalam dua periode. Periode pertama dilakukan pada Senin, 1 Juni 2015, dimana perusahaan yang dikunjungi adalah PT Aneka Tambang – UBPE Pongkor, sedangkan enam perusahaan lainnya dikunjungi pada periode kedua, Rabu-Kamis (03-04/06/2015).

Dalam sambutannya, Dr. Ing. Zulfiadi Zulhan , S.T, M.T., selaku dosen wali yang ikut serta dalam kegiatan ,mengungkapkan bahwa program ini dilaksanakan bagi seluruh mahasiswa tingkat II yang akan memasuki tingkat III. Dengan adanya kunjungan industri ini, beliau berharap agar mahasiswa ini dapat mengenal dunia metalurgi dan menimba ilmu sebanyak-banyaknya sehingga siap ketika memasuki dunia industri kelak, saat kerja praktik maupun ketika sudah lulus nanti.

Ekskursi 2

Pada kunjungan periode pertama ke PT Antam, sebanyak enam puluh mahasiswa sebagai peserta, ditambah dengan dua orang dosen wali, Dr. Ing. Zulfiadi Zulhan, ST., MT. dan Dr. Ir. Ismi Handayani, MT., serta turut didampingi oleh asisten dosen yang merupakan alumni Teknik Metalurgi. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya diberi penjelasan melalui presentasi tetapi juga diberi kesempatan untuk turun langsung ke lapangan. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat lebih memahami materi yang sudah diajarkan di Program Studi Teknik Metalurgi. Mahasiswa dibawa ke tambang bawah tanah dan melihat proses pengolahan emas itu mulai dari proses pengecilan ukuran bahan tambang yang begitu besar hingga penjelasan mengenai pengekstrakannya serta penanganan limbahnya.

Ekskursi 3

Periode kedua mengambil tempat di Cilegon, yang memang terkenal sebagai kawasan industri. Banyak perusahaan metalurgi, terutama yang bergerak di sektor besi dan baja terdapat disana. Hal yang menarik yang didapat oleh peserta adalah proses rolling yaitu proses pembentukan baja lembaran dari slab yang dapat dilihat secara langsung. Dijelaskan pula mengenai pembentukan material berbahan baku besi baja seperti pipa ataupun kawat, yang berasal dari pemrosesan baja gulungan tersebut. Peserta juga mempunyai kesempatan untuk melihat tanur serta proses pembentukan pig iron.

Disela-sela rangkaian acara, mahasiswa Teknik Metalurgi 2013 juga berkesempatan untuk menjalin kekeluargaan dengan para alumni Teknik Metalurgi ITB melalui acara ramah tamah di Cilegon. Alumni berpesan agar mahasiswa tidak melupakan hal penting seperti rekreasi dan spiritual.

Ekskursi 4

Ketua Kunjungan Industri 2015, Janres Yoseva Purba, melalui sambutannya mengucapkan rasa syukur karena acara Kunjungan Industri ini berjalan dengan baik. Menurutnya, kunjungan industri ini bisa lancar akibat kerja sama yang baik antara mahasiswa, program studi, perusahaan, sponsor, dan pihak-pihak lain yang terlibat. Kedepannya, Janres berharap agar ilmu yang didapat tidak hilang dan dapat digunakan untuk kemajuan bangsa.

By Erian

Berita Terkait