Kuliah Tamu: FACTSAGE

BANDUNG, metallurgy.itb.ac.id – Pada hari Jumat, 10 November 2017, dan Senin, 13 November 2017, Program Studi Teknik Metalurgi ITB mengadakan kuliah tamu dengan topik FACTSAGE. Pemateri kuliah tamu kali ini yaitu Dr.-Ing. Zulfiadi Zulhan, S.T., M.T., dan Imam Santoso, S.T., M.Phil.

Kuliah tamu pada hari Jumat dimulai pada pukul 15.00 WIB dan diadakan di ruang seminar Teknik Pertambangan dan Teknik Metalurgi, gedung Labtek IV ITB. Kuliah tamu dimulai dengan pembukaan oleh Dr.-Ing. Zulfiadi Zulhan, S.T., M.T. Kemudian, pengenalan FACTSAGE disampaikan oleh Imam Santoso, S.T., M.Phil. FACTSAGE adalah program komputer untuk melakukan perhitungan termodinamika.

Lalu, kuliah tamu dilanjutkan dengan penjelasan cara untuk melakukan perhitungan reaksi-reaksi kimia menggunakan FACTSAGE. Variabel-variabel yang dapat dihitung antara lain perubahan energi bebas Gibbs dan entalpi. Contoh aplikasi perhitungan ini adalah perkiraan suhu lidah api pada keadaan adiabatik, kehilangan Cu ke terak selama proses converting, dan perhitungan neraca panas matte smelting.

Setelah itu, dijelaskan cara perhitungan diagram predominansi menggunakan FACTSAGE. Kegunaannya adalah untuk memprediksi senyawa kimia yang stabil pada kondisi isotermal. Contoh yang ditunjukkan adalah perhitungan diagram kesetimbangan Cu-S-O pada suhu 1000K. Penjelasan mengenai cara perhitungan diagram predominansi berlanjut hingga kuliah tamu selesai pada pukul 17.15 WIB.

Kuliah tamu dilanjutkan pada hari Senin di gedung Labtek I ITB dan dimulai pada pukul 16.00 WIB. Penggunaan FACTSAGE yang dijelaskan selanjutnya yaitu perhitungan kesetimbangan termodinamika. Dengan hal tersebut berhasil atau tidaknya suatu percobaan dapat diprediksi. Contohnya adalah percobaan reduksi serium oksida yang dihitung menggunakan FACTSAGE ternyata tidak berhasil dan setelah dicoba pada percobaan sesungguhnya memang tidak berhasil. Akan tetapi, jika perhitungan FACTSAGE menunjukkan percobaan mungkin berhasil bukan berarti jika dicoba langsung akan berhasil. Hal itu karena, kondisi percobaan sesungguhnya tidak berada dalam kondisi ideal seperti pada perhitungan oleh FACTSAGE.

Kuliah tamu dilanjutkan dengan penggunaan FACTSAGE yang lain dengan contoh berupa perhitungan pada peleburan scrap tembaga dan menggambar diagram fasa Fe-O dan Fe-O2. Kuliah tamu selesai pada pukul 17.40 WIB.

Berita Terkait