Ferdinand Lo Raih Prestasi Ajang Seminar Material dan Metalurgi 2015

Ferdi LIPI

BANDUNG, immg.metallurgy.itb.ac.id – Dalam mengembangkan penelitian di bidang material dan metalurgi, Pusat Penelitian Metalurgi dan Material Indonesia kembali menyelenggarakan ajang bergengsi Biomaterial Conference 2015 untuk ketiga kalinya. Salah satu rangkaian acara yang diadakan adalah Seminar Material dan Metalurgi 2015 kembali dilaksanakan untuk menunjang pengetahaun perkembangan teknologi tersebut di Indonesia. Acara bertemakan “Peran Penelitian Metalurgi dan Material dalam Mendukung Peningkatan Inovasi IPTEK Nasional” tersebut dilaksanakan pada Selasa (20/10/15) di Gedung Widya Graha – Auditorium LIPI.

Berbagai peneliti dari LIPI, BATAN, TEKMIRA, serta akademisi dari berbagai perguran tinggi di Indonesia hadir dalam acara ini. Pada seminar tahun ini, makalah yang terdaftar sebanyak 58 naskah dari berbagai lembaga penelitian, perguruan tinggi dan umum di seluruh Indonesia, dengan jumlah makalah seminar metalurgi sebanyak 43 naskah yang diterima, 2 naskah yang ditolak, serta 13 naskah seminar biomaterial. Pada kesempatan tersebut, Zulfiadi Zulhan (Dosen Teknik Metalurgi ITB) bersama beberapa alumni lulusan Teknik Metalurgi ITB turut berpartisipasi di dalamnya.

Ferdinand Lo dari Teknik Metalurgi ITB, mempresentasikan penelitiannya dengan judul “Reduksi Pelet Komposit Konsentrat Pasir Besi Menggunakan Reduktor Bed Batubara dengan Metode Isotermal Gradien Temperatur” dan berhasil keluar sebagai Best Presenter di penghujung acara ini. Penelitian mengenai optimasi reduksi pasir besi ini mengundang perhatian dari berbagai peneliti. Ferdinand berharap dengan penelitian yang telah dilakukannya ini, pasir besi di Indonesia dapat diolah sebaik mungkin dengan memanfaatkan segala kekayaan alam yang dimilikinya.

Sebagai sarana komunikasi ilmiah bagi berbagai pihak, antara lain lembaga riset, akademisi; pemerintahan daerah dan indsutri, acara ini diharapkan bermanfaat dalam proses pembangunan nasional dan dapat memecahkan masalah ataupun isu-isu nasional saat ini. Lebih lanjut lagi, dengan adanya seminar ini, diharapkan dapat mempererat silaturahmi antar pihak-pihak terkait dalam tataran perkembangan riset dan teknologi.

Berita Terkait